Pendidikan Karakter Bangsa

PENDIDIKAN KARAKTER BANGSA Pendidikan Karakter di Pendidikan Dasar KEMENTERIAN PENDIDIKAN NASIONAL DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR 2011 Latar Belakang (Dasar Hukum) UU nomor 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Permendiknas nomor 22/2006 tentang Standar Isi, Permendiknas nomor 23/2006 tentang SKL, Inpres nomor 1/2010 tentang Percepatan Pelaksanaan Prioritas Pembangunan Nasional Tahun 2010 menyatakan/menghendaki/memerintahkan pengembangan karakter peserta didik melalui pendidikan di sekolah. UUSPN UUSPN Pasal 3 menyebutkan Pendidikan Nasional berfungsi:
  1. Mengembangkan kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.
  2. Pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

SKL SD - SKL SMP Lulusan SD memiliki kompetensi-kompetensi berikut:
  • Menjalankan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan anak;
  • Mengenal kekurangan dan kelebihan diri-sendiri;
  • Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungannya;
  • Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi di lingkungan sekitarnya;
  • Menggunakan informasi tentang lingkungan sekitar secara logis, kritis, dan kreatif;
  •  Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, dan kreatif, dengan bimbingan guru/pendidik;
  • Menunjukkan rasa keingintahuan yang tinggi dan meyadari potensinya;
  • Menunjukkan kemampuan memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari;
  • Menunjukkan kemampuan mengenali gejala alam dan sosial di lingkungan sekitar;
  • Menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan;
  • Menunjukkan kecintaan dan kebanggaan terhadap bangsa, negara, dan tanah air Indonesia;
  • Menunjukkan kemampuan untuk melakukan kegiatan seni dan budaya lokal;
  • Menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang;
  • Berkomunikasi secara jelas dan santun;
  • Bekerja sama dalam kelompok, tolong menolong, dan menjaga diri sendiri dalam lingkungan keluarga dan teman sebaya;
  • Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis;
  • Menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis dan berhitung . Lulusan SMP memiliki kompetensi-kompetensi berikut:
  • Mengamalkan ajaran agama yang dianut sesuai dengan tahap perkembangan remaja;
  • Memahami kekurangan dan kelebihan diri-sendiri;
  • Menunjukkan sikap percaya diri;
  • Mematuhi aturan-aturan sosial yang berlaku dalam lingkungan yang lebih luas; 
  • Menghargai keberagaman agama, budaya, suku, ras, dan golongan sosial ekonomi dalam lingkup nasional; 
  • Mencari dan menerapkan informasi dari lingkungan sekitar dan sumber-sumber lain secara logis, kritis, dan kreatif;
  • Menunjukkan kemampuan berpikir logis, kritis, kreatif, dan inovatif; 
  • Menunjukkan kemampuan belajar secara mandiri sesuai dengan potensi yang dimilikinya;
  • Menunjukkan kemampuan menganalisis dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari; 
  • Mendeskripsikan gejala alam dan sosial; 
  • Memanfaatkan lingkungan secara bertanggung jawab; 
  • Menerapkan nilai-nilai kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara demi terwujudnya persatuan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia;
  • Menghargai karya seni dan budaya nasional; 
  • Menghargai tugas pekerjaan dan memiliki kemampuan untuk berkarya; 
  • Menerapkan hidup bersih, sehat, bugar, aman, dan memanfaatkan waktu luang dengan baik;
  • Berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun; 
  • Memahami hak dan kewajiban diri dan orang lain dalam pergaulan di masyarakat; Menghargai adanya perbedaan pendapat; 
  • Menunjukkan kegemaran membaca dan menulis naskah pendek sederhana;
  • Menunjukkan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sederhana; 
  • Menguasai pengetahuan yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan menengah; 
  • Memiliki jiwa kewirausahaan SK/KD SELURUH MAPEL SD + SMP SK/KD memuat nilai-nilai:
  • religiusitas
  • kejujuran 
  • toleransi 
  • disiplin 
  • kerja keras 
  • kreativitas 
  • kemandirian 
  • demokratis 
  • rasa ingin tahu 
  • semangat kebangsaan 
  • cinta tanah air 
  • menghargai prestasi 
  • bersahabat/komunikatif 
  • cinta damai 
  • senang membaca 
  • peduli sosial 
  • peduli lingkungan
  • tanggung jawab

1 komentar:

. . .